Makanan yang Membuat Pencernaan Jadi Lancar

Image Profile
Nisa Admin
Social Media:
Image Banner

Saluran pencernaan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Hal ini karena saluran pencernaan bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi dan membuang limbah dari dalam tubuh. Hanya saja, masih banyak orang yang menderita masalah pencernaan seperti kembung, sakit perut, sembelit dan diare karena berbagai alasan.

 

Masalah pencernaan lebih rentan terjadi pada seseorang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya GERD. Namun, tidak jarang orang yang sehat juga dapat mengalami masalah pencernaan, salah satunya akibat kekurangan serat atau makanan lainnya yang baik untuk pencernaan.

 

Untuk itu, penting bagi Anda mengonsumsi makanan yang baik untuk pencernaan, sehingga pencernaan menjadi lancar dan tubuh dapat terjaga kesehatannya.  Beberapa makanan yang baik untuk pencernaan adalah sebagai berikut:

 

Yogurt

Yogurt adalah susu yang telah difermentasi. Proses fermentasi biasanya dilakukan menggunakan bakteri asam laktat. Yogurt mengandung bakteri baik yang dikenal sebagai probiotik. Bakteri ini hidup di saluran pencernaan dan dapat membantu meningkatkan pencernaan, sehingga kesehatan usus Anda dapat tetap terjaga.

 

Walaupun probiotik secara alami terjadi di usus Anda, meningkatkan asupan probiotik melalui makanan seperti yogurt dapat memudahkan kerja sistem pencernaan. Tambahan probiotik juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti kembung, sembelit, dan diare, serta terbukti meningkatkan pencernaan laktosa, atau gula susu.

 

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua yogurt mengandung probiotik. Karenanya, selalu pastikan yogurt yang Anda konsumsi mengandung probiotik dengan membaca keterangannya pada kemasan.

 

Apel

Apel adalah sumber yang kaya pektin, yaitu serat larut. Pektin tidak dicerna di usus kecil, melainkan dipecah oleh bakteri baik di usus besar. Proses tersebut dapat meningkatkan volume tinja. Oleh karena itu, pektin biasanya digunakan untuk mengatasi sembelit dan diare. Pektin juga telah terbukti mengurangi risiko infeksi usus, serta peradangan di usus besar.

 

Adas

Adas, atau tanaman dengan umbi pucat dan batang hijau panjang, banyak digunakan untuk menambah rasa pada makanan. Kandungan seratnya membantu mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan saluran pencernaan Anda. Adas juga mengandung zat antispasmodik yang melemaskan otot polos di saluran pencernaan. Proses tersebut dapat mengurangi gejala pencernaan negatif seperti kembung, perut kembung dan kram.

 

Kefir

Kefir adalah produk susu olahan yang dibuat dengan menambahkan biji-bijian kefir ke dalam susu. Biji-bijian ini dihasilkan dari pencampuran ragi dan bakteri dengan susu dan tampaknya memiliki manfaat pencernaan.

 

Seperti probiotik dalam yogurt, kandungan dalam kefir membantu pencernaan laktosa, sehingga mengurangi beberapa efek samping negatif akibat intoleransi laktosa seperti kram dan kembung. Dalam beberapa penelitian, kefir dapat membantu meningkatkan bakteri usus yang sehat, meningkatkan kerja sistem pencernaan, serta menurunkan bakteri berbahaya secara bersamaan. Konsumsi kefir juga telah dikaitkan dengan penurunan peradangan di usus Anda, yang selanjutnya dapat meningkatkan proses pencernaan.

Image Description
Written by

Nisa

Admin Nisa.id

Social Media:

Comments

  • tes 1 month ago

    bagus

Post a comment