Strategi Pemasaran Yang Ampuh Melalui Social Media

Image Profile
Ayahbebennasution CEO Nisa.id
Social Media:
Image Banner

Potensi Social Media untuk mengembangkan bisnis memang besar, namun untuk mengoptimalkannya itu butuh strategi yang relevan dengan perilaku para pengguna Social Media tersebut

 

Karena kita tidak bisa memasuki pasar tanpa memahami karakteristik dan perilaku penghuni pasarnya, itu hanya akan membuang waktu, tenaga dan pikiran saja, mari kita bedah strategi-strategi yang bisa dimaksimalkan melalui Social Media.

 

1. Pahami Funnel Social Media

Setiap social media itu memiliki keunikan masing-masing, memahami funnel dari Social Media tersebut adalah langkah awal yang akan membuat kita bisa maksimal, lantas apa yang dimaksud dengan Funnel Social Media?

 

Social Media secara algoritma memiliki cara masing-masing untuk menggiring penggunanya untuk berkunjung, membuat akun hingga jadi pengguna loyal dari social media tersebut,

 

contoh Facebook, sampai dengan saat ini facebook menarik audience untuk betah disana yaitu dengan semakin dioptimalkannya fitur “What’s on Your Mind” alias update status, jadi Facebook menarik orang-orang yang suka menulis panjang, artiya konten yang efektif untuk di facebook adalah dalam bentuk storytelling yang ciamik

 

Bagaimana dengan Instagram, Tiktok, Whatsapp hingga Youtube? Itu yang dalam kita bahas di member area nisa.id

 

2. Identifikasi Karakter Traffic Social Media

Karena funnel dari masing-masing Social Media itu berbeda maka otomatis karakteristik traffic juga berbeda, olehkarenanya tidak bisa diseragamkan strategi untuk memaksimalkan Facebook dan Strategi untuk memaksimalkan instagram, misalnya

 

Contoh, Traffic di facebook itu jauh lebih mature karena audiencenya dibentuk dengan funnel yang suka menulis panjang-panjang, sehingga dapat dipastikan audience yang rutin akses facebook adalah yang daya belajar, daya eksplore membacanya lebih tinggi dan ini identik dengan audience yang lebih matang, lebih dewasa pastinya.

 

Artinya konten yang cocok di facebook adalah kontek untuk kebutuhan audience yang lebih mature dan juga konten yang lebih berkualitas dari sisi materi.

 

3. Sesuaikan Konten

Konten merupakan ujung tombak jika Anda ingin mengoptimalkan Social Media, karena konten lah yang berperan kemudian dalam membentuk persepsi di beka audience sesuai dengan yang anda inginkan

 

Konten sangat tergantung dari seberapa detil informasi Anda di poin. 1 dan 2, karena jenis dan kualitas konten yang akan diposting akan sangat berpengaruh dari dua informasi diatas sebelumnya

 

Contoh : youtube sudah pasti yang efeketif adalah konten berbentuk video, karena funnel Youtube adalah membuat audiencenya yang suka akses video, namun pertanyaanya adalah Video seperti apa yang disukai? Berapa lama durasi video yang efektif untuk mengangkat jumlah viewer ? itu semua detil kita bahas di nisa.id sesi per sesi

 

Semoga artikel sederhana ini memberik persfektif baru untuk anda bisa mengoptimalkan Social Media

Image Description
Written by

Ayahbebennasution

Digital Maketer Entrepreneur 💼 CEO @nisa.idofficial 🤝🏻 Membantu yang ingin Memiliki Bisnis Online 🔋 Membuka Peluang Reseller untuk Naik Kelas

Social Media:

Comments

Post a comment